MERENCANAKAN USAHA TERNAK KAMBING


Sahabat tani ternak semua,
Di kiriman kami sebelumnya kami sudah membahas tentang jenis kambing dan domba, pakan-pakan alternatife untuk kambing dan lain sebagainya. Yang belum nyimak silakan buka mundur kiriman di halaman ini. Kali ini kami coba akan menguraikan apa saja yang perlu dipersiapkan dan harus dijalankan jika kita ingin memulai Usaha Ternak Kambing.

PERSIAPAN.
Dalam tahap persiapan jika kita bisa memperhitungkannya secara cermat akan sangat menentukan keberhasilan usaha ternak Anda.
Lalu apa saja yg perlu kita persiapkan sebelum memulai?
1, Budgeting dan modal usaha.
2. Menentukan Kandang
3. Memilih bibit kambing.

Ketiga poin tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Sebab ketiganya juga sangat berkaitan. Jadi misalkan kita merencanakan ternak 10 ekor atau 20 ekor kita harus bisa menghitung budgeting nya, dari prrhitungan modal dasar dan biaya perawatan atau operasional.

Lalu untuk menentukan kandang kita pun harus berhitung cermat. Utamanya jika modal usaha kita sangat mepet. Namun walau jika Anda memiliki modal besar dan longgar pun tetap harus berhitung cermat. Karena ini adalah sebuah usaha bukan hanya untuk hobby atau sekedar ngisi kegiatan.

Tentukan besar dan kecilnya kandang sesuai jumlah kambing yg akan anda ternak. Lalu mengenai bahan material yg akan digunakan juga bisa kita sesuaikan. Jika modal cukup sebaiknya buatlah kandang yg kuat dan permanen. Walau biayanya tinggi tapi untuk jangka panjang akan menguntungkan karena tidak perlu bongkar pasang.
Kemudian untuk masalah penentuan bibit selain kita harus bisa memilih bibit yang baik juga harus ditentukan dari awal tujuan Anda ternak apa untuk ternak penggemukan atau breeding? Mau kambing atau domba? Gibas apa Moreno apa Garut atau Ettawa???
Pilihan-pilihan itu sebaiknya sudah ditentukan dari awal agar memudahkan kita di kemudian hari setelah berjalan.

PERAWATAN.
Kemudian setelah segala persiapan sudah kita lalui sekarang kita bahas tentang Perawatan. Yang akan kami jelaskan tentu perawatan model ternak Pola HCS.
1. Perawatan awal sebelum kambing masuk kandang.
2. Perawatan harian dan pemberian pakan.
3. Sanitasi ternak dan kandang.
4. Penanggulangan sakit dan penyakit.

Apa ada perlakuan khusus jika pertama kalinya kambing mau masuk kandang? Bukan...tentu bukan sesajen yang kami maksud. Tapi seperti harus dikasih obat cacing, dicuntang atau dicekoki larutanSOC, dicukur, dimandikan dan lain sebagainya. Ini penting jika kita ingin sukses menerapkan Pola HCS untuk ternak kita.

Lalu mengenai perawatan harian dan pemberian pakan, bagi Anda yang sudah menerapkan pola hcs tentu akan diberikan pakan permentasi, entah yg kering seperti jerami atau yang basah seperti gedebok atau eceng. Namun bagi Anda yg baru bermitra dengan HCS atau akan bermitra pada tahap awal pemberian pakan pakan bisa dikombinasikan dengan pakan tradisionalnya yaitu rumput atau ramban. Hingga pada akhirnya kambing atau domba kita bisa 100% memakan pakan olahan yang kita permentasikan.

Ingat....pemberian pakan yang tepat guna akan membantu kesuksesan usaha ternak Anda.Silakan dibuka kembali kiriman kami sebelumnya untuk mengetahui pakan alternatif apa saja yang sesuai kandungan nutrisinya untuk pakan ternak kita.

Kemudian di poin selanjutnya ada Sanitasi kandang dan penanggulangan penyakit. Ini tentu sangat berkaitan. Karena kalo kita memang sayang ternak kita karena itu adalah ASET USAHA kita....ya hayo jangan malas bersih-bersih kandang. Periodenya silakan diatur sendiri, mau per minggu per dua minggu atau sebulan terserah Anda. Intinya kandang bersih dan kambing bersih agar kesehatannya terjaga.
Hanya saja.....saya kasih bocoran sedikit ya agar Anda nanti tidak terlalu capek atau bahkan sampe masuk kolong kandang untuk membersihkan kotoran inthil dan urinnya.
Caranya???

Caranya Anda harus sedikit kreatif saat membuat kandang. Jadi usahakan bentuk kolong kandangnya dibuat sedemikian rupa sehingga nantinya antara inthil dan urin bisa terpisah. Silakan anda rancang sendiri bentuk kolongnya, mau dikasih talang atau asbes terserah Anda.

MANAGEMEN PASCA PANEN
Inilah kunci terakhir kesuksesan Usaha Ternak Anda. Walau pun betul bahwa harga daging kambing relatif stabil di pasaran, namun jika biduk Usaha Anda salah sejak awal tetap saja Anda akan mengalami beberapa kendala bila saatnya panen tiba. Seperti misalnya jika Anda memilih untuk berternak domba jenis moreno. Bagi sebagian orang domba ini sangat menguntungkan. Karena selain bobotnya yang melebihi jenis domba lain juga bibit peranakannya juga bisa dijual lebih mahaldibanding kambing atau domba lainnya. Namun jika di daerah Anda belum ada komunitasnya biasanya Anda akan mengalami kesulitan saat ingin menjual. Tapi jika kendala itu bisa Anda atasi, Insyaalloh Anda akan sukses. Sebab Anda lah Pioner ternak kambing jenis baru itu di daerah Anda.(wah)

Kurang lebih itulah gambaran singkatnya yang bisa kami sampaikan. Satu hal yang harus kita ingat... "Rencanakanlah pekerjaan mu, dan kerjakan rencana mu!"